Sabtu, Juni 06, 2015

Cara Membersihkan telinga yang Benar Menurut Ahli THT


Membersihkan telinga dapat berakibat fatal
 
Cara Membersihkan telinga yang Benar tidak diketahi oleh semua orang. Karena itu, kita sering melakukannya secara tidak benar. Padahal, seperti dijelaskan Prof. Dr. Noerbaiti dari bagian THT, RS Pondok Indah Jakarta, telinga mempunyai bagian-bagian yang harus diperlakukan sangat hati-hati. Jika telinga kemasukan benda asing "Penanganan yang salah justru akan membawa akibat yang lebih buruk lagi. Jangan mencoba mengeluarkan benda tadi dengan cara dikorek-korek”


Cara Membersihkan telinga yang Benar Menurut Ahli THT, bahaya penyakit telinga

Benda-benda Asing yang biasa masuk ke Telinga 

  • Air
    Saat mandi atau berenang, tak jarang air masuk ke telinga. Selama telinga bersih, air otomatis akan keluar sendiri. Namun kalau di dalamnya terdapat kotoran kuping, air akan membuatnya mengembang sehingga tidak bisa keluar 

  • Semut
    Bila telinga sampai kemasukan semut, berarti ada yang salah dengan bagian dalam telinga. Pada prinsipnya, telinga punya mekanisme sendiri yang dapat menghambat binatang seperti semut untuk tidak masuk ke dalam.

  • Cotton buds
    Tidak dianjurkan secara medis untuk mengorek-ngorek telinga, walau masih saja ada yang menggunakannya. Selain kapas bisa tertinggal di dalam telinga, bahaya lainnya adalah dapat menusuk selaput gendang bila tidak hati-hati menggunakannya. Ada contoh kasus, seorang ibu membersihkan telinga bayinya yang baru berumur 7 hari dengan cotton buds. Alih-alih menjadi bersih, telinga si bayi malah berdarah.
  • Benda-benda Kecil
    Anak-anak kecil sering tidak sengaja memasukkan sesuatu ke dalam telinganya. Misalnya, manik-manik mainan. Jangan coba-coba mengeluarkannya sendiri, karena bisa menimbulkan masalah baru.

Larangan Membersihkan telinga


Menurut pakar kesehatan telinga tidak beleh dibersihkan karna menyangkut beberapa faktor. Beberapa  alasan kenapa kita tidak perlu membersihkan telinga terlebih menggunakan cotton buds.
  •  Telinga mampu membersihkan diri sendiri
    Telinga ternyata tidak perlu dibersihkan. Telinga karena  mampu  membersihkan diri sendiri sehingga tak perlu repot-repot untuk  membersihkannya.
    Dimana lapisan kulit saluran telinga “bermigrasi” dari gendang telinga ke telinga pembukaan luar. Bahkan dokter sendiri telah menganjurkan untuk tidak menggunakan benda apapun Untuk membersihkan telinga

  • rambut-rambut halus telinga
    Di lubang telinga bagian luar terdapat juga rambut-rambut halus yang berfungsi untuk penyaring kotoran dari luar yang yang berpotensi masuk dalam teling. Seperti : air, debu, binatang dan benda-benda lain. Jadi rambut-rambut halus inilah yang bertanggung jawab untuk melindungi telinga dari  kotoran dan serangan bakteri yang menyebabkan infeksi.
  • Lilin telinga justru menyehatkan
    Banyak orang yang seringkali menggunakan penyeka kapas (cotton buds) untuk mengeluarkan lilin atau kotoran.. Padahal  lilin di dalam telinga justru menyehatkan teliga itu sendiri. lilin telinga berfungsi sebagai pelapis dan bersifat anti-bakteri yang mencegah terjadinya infeksi.

  • cotton buds merusak telinga
    seharusnya kotoran dapat keluar dengan sendirinya namun setiap kali kita membersihkan teinga dengan benda ini, lilin yang di bagian luar akan terdorong ke dalam dan terjebak, selain itu kapas juga beresiko membawa bakteri ke dalam telinga. bahkan, akan berpengaruh pada gendang telinga dan berpotensi merusak sistem pendengaran.

Bahaya membersihkan telinga setiap hari


Serumen atau kotoran di dalam telinga akan penuh dalam waktu yang cukup lama. diperkirakan mencapai 3 hingga 6 bulan. Jadi tidaklah penting untuk membersihkan telinga setiap hari. Ketika kotoran telinga terlalu sering dibersihkan, lubang telinga akan menjadi kering dan justru akan terasa gatal serta mudah terinfeksi oleh kuman. Terlebih lagi jika menggunakan alat pembersih yang tidak tepat, seperti menggunakan cotton bud atau benda logam. Hal ini sangat tidak dianjurkan. 
membersihan telinga dengan cara yang salah sangat berbahaya.
oleh karena itu Saya berusaha untuk berbagi tips-tips kesehatan diantaranya: Manfaat Kencur dan Manfaat Gula aren yang telah saya tulis di blog tips Cantik dan Sehat ini.
 

Cara Membersihkan Telinga yang benar


  • Periode
    Hal yang penting untuk diperhatikan dalam membersihkan telinga adalah seberapa sering kita melakukannya. Jika kita melakukannya setiap hari tentu akan sangat bebahaya, oleh karena itu periode pembersihan harus diperhatikan. Setidaknya jangan lebih dari satu kali dalam seminggu.

  • Alat
    Penggunaan cotton buds. Jika inggin menggunakan kapas maka hanya lubang bagian luar yang boleh dibersihkan. Karena bagian dalam telinga sahgatlah sensitif untuk benda-benda yang bersifat kasar. Cara yang benar dan bisa dilakukan di rumah adalah dengan memasukkan minyak ke dalam telinga selama 15-30 menit, lalu gunakan at-home irrigation kit (alat penyedot) untuk membersihkannya. Cara ini banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan di dunia.

Jika pendengaran Kalian terganggu atau terasa gatal secara terus-menerus, Sebaiknya di konsultasikan ke dokter karena besar kemungkinan telah terjadi infeksi pada bagian dalam telinga. Hal ini sangat berbahaya.
Saya kira hanya cukup untuk kali ini saya menjelaskan sedikit pengetahuan yang layak untuk kita perhatikan, dan saya sangat berterima kasih kepada sobat semua yang telah singgah ke blog sederhana saya untuk membaca Cara Membersihkan telinga yang Benar Menurut Ahli THT
Lokasi: Republic of Indonesia
0 komentar: