Sabtu, Juni 13, 2015

Tips Sehat Saat Puasa dan selalu bugar

Tips Sehat saat puasa- Bulan puasa telah didepan mata, Pada bulan ini sangat identik dengan gaya hidup lemas dan bermalas-malasan dengan mengatas nama kan puasa, banyak orang bermalas-malasan dalam menjalani aktifitas. Namun ada beberapa orang yang tetap bergairah dan penuh semangat dalam menjalani puasa. Bagaimana bisa terjadi? Tentu ada rahasia dibalik semua itu.
Tips Sehat Saat Puasa, agar badan selalu bugar dan bersemangat

Tips Sehat Saat Puasa dan selalu bugar

Bugar dan sehat saat puasa ramadhan adalah hal yang sangat indah untuk dinikmati dalam meraih pahala yang sangat besar di bukan suci ini. Karna walaupun berpuasa sebagian besar dari kita tetap dituntut untuk beraktifitas layaknya bulan-bulan biasa yang lain. Walupun harus menahan rasa lapar dan haus, kita dituntut untuk selalu sehat dan bugar. Inilah rahasia sehat saat puasa. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar saat berpuasa terdapat tiga poin utama yang harus diperhatikan diantaranya saat sahur, saat menjalankan puasa, dan berbuka sebagai penutup.


Sahur

Sahur adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan saat berpuasa dan menjadi tips utama untuk Sehat saat puasa. Termasuk didalamnya mempersiapkan asupan energi dan nutrisi untuk satu hari kedepan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Ini lah beberapa tips sehat saat sahur.
  • hindari makanan dengan rasa manis di pagi hari karena memiliki efek yang membuat badan lemas dan rasa kantuk di siang hari.
  • Miinum susu sebagai hidangan pendampung sahur untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi saat kita menjalani puasa. Selain itu susu juga akan menghindarkan kita dari penyakit anemia yang membuat tubuh terasa lemas dan kurang bergairah
  • Sediakan menu makanan dengan kandungan air yang cukup untuk mengindari dehidrasi pada tubuh. Terutama kalian yang beraktifitas diluar ruangan atau kegiatan yang menguras keringat.
  • Penuhi kebutuhan serat dengan buah ataupun sayur yang banyak mengandung serat. Ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan menjaga usus besar selalu bersih dari timbunan lemak.
  • Saat sahur sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji seperti mie instan. Karna rasa kenyang yang dihasilkan tidak bertahan lama. Bisa-bisa pukul delapan pagi kalian sudah merasa lapar dang ingin berbuka.
  • Hindari juga hidangan dengan minyak berlebih seperti gorengan dan hidangan dengan rasa yang terlalu pedas. Karena akan mengganggu sistem pencernaan dalam beberapa jam kedepan

Kegiatan Berpuasa

Kegiatan puasa adalah kegiatan inti yang dijalankan selama bulan ramadhan ini. Ada beberapa tips Sehat saat puasa yang bisa kalian jalankan untuk mendapat kondisi tubuh selalu bugar dan sehat.
  • Selesaikan tugas harin dengan terjadwal dan berangsur, jangan dikerjakan sekaligus. Hal ini bertujuan untuk menjaga kodisi badan dan otak agar tidak over produktif yang dapat menyebabkan stress. Karena kondisi otak yang stress dapat meningkatkan rasa lapar yang berlebihan.
  • Gunakan waktu istirahat secara maksimal. Jika memungkinkan meluangkan waktu untuk tidur siang selama satu jam setelah shalat dzuhur, ini dapat mengembalikan kebugaran tubuh dengan seketika. Tapi tidak boleh tidur terlalu lama karena justru akan memberi suasana dan efek lemas.
  • Menjaga kodisi tubuh dengan olahraga. Saat puasa tidaklah perlu melakukan olahraga yang berlebihan cukup dengan berjalan kali atau melakukan peregangan, karna tujuannya hanyalah untuk memperlancar peredaran darah.
  • Hindari masalah-masalah yang memicu kemarahan. Karna selain terdapat larangan dari agama, ternyata emosi atau marah sangatlah menguras energi.

Berbuka

Berbuka puasa adalah penutup kegiatan puasa yang telah kita jalani sehari penuh. Jadi kalau makan sebelum waktu berbuka namanya bukan berbuka tapi membatalkan puasa. Istilah di serang banten daerah saya namanya megat (memutuskan) hehehe.
  • Berbuka sesegera mungkin setelah mendengar adzan maghrib dikumandangkan.
  • Batalkan puasa dengan teh manis atau minuman dengan rasa manis untuk menyegarkan tubuh. Sangat baik jika kita kita melakukan shalat maghrib terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan utama.
  • Hidangan buka berupa ta’jil juga sangat bagus untuk dikonsumsi. Bisa berupa bubur kacang hijau, kolak, kurma atau hidangan ta’jil lainnya. Khususnya bagi kalian yang berkesempatan berbuka di perjalanan.
Sangat penting hukumya untuk menjaga kesehatan saat puasa, dan puasa itu sendiri akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita seperti telah saya tulis pada kesempatan kemarin tentang Manfaat Puasa untuk Kesehatan.
Bagaimana? tentunya kita semua harus bersemangat untuk menyambut bualan ramadhan yang suci ini dengan menjalankan puasa secara penuh dan ikhlas. tanpa merasa dibebani, kita menjalankan kegiatan harian kita dengan penuh semangat. Itulah tips Sehat saat puasa yang bisa saya bagikan hari ini.
Lokasi: Indonesia
0 komentar: