Jumat, Juni 12, 2015

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan | Tips Kesehatan. Artikel ini saya tulis guna menyambut bulan suci ramadhan yang akan tiba beberapa hari lagi terhitung sejak artikel ini saya terbitkan. Ternyata ketetapan Allah untuk mewajibkan seluruh hambanya untuk menjalankan puasa terdapat berbagai manfaat yang luar biasa, hususnya bagi kesehatan yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini.

Manfaat Puasa yang perlu anda tahu

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Langsung saja pada topik pembaahasan yang yang Insya Allah sangat bermanfaat dan akan menambah semagat kita untuk menyambut dan menjalankan ibadah puasa di tahun 2015 ini atau tahun-tahun berikutnya.
  • Mencegah Penyakit Kronis
    Manfaat puasa yang berikutnya adalah mencegah penyakit-penyakit kronis seperti stroke, jantung koroner dal lain sebagainya. Selain menahan haus dan lapar saat berpuasa kita juga dilatih untuk ketenangan jiwa dengan menahan hawa nafsu dan amarah. Hal itu akan mengurangi tingkat adrenalin dalam tubuh yang berlebih sehingga memberikan sinyal-sinyal positif bagi tubuh. Hasilnya akan mencegah pembentukan kolestrol dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini sangat menguntungkan bagi kesehatan khususnya pada pembuluh darah dan otak yang tentunya akan mempengaruhi kebugaran seluruh tubuh.
  • Membangkitkan Kecerdasan dan kreatifitas
    Perlu diingat bahwa rasa kenyang setelah kita makan akan berdampak pada rasa malas dan ngantuk, selain itu dengan kondisi ini akan menghambat kinerja otak dalam berfikir dan membuat keputusan. Dengan puasa kita akan mendapatkan suasana hati dan pikiran yang jauh lebih tenang. Terlebih jika dijalani dengan penuh keikhlasan. Dalam hal ini puasa memberi efek  otak untuk bekerja lebih tajam dan kreatif. Manfaatpuasa bagi kesehatan untuk otak juga telah diteliti oleh mahasiswa dari University of Chicago yang membuktikan bahwa dengan berpuasa mampu meningkatkan kewaspadaan mental secara signifikan.

  • Menurunkan Berat Badan
    Penurunan berat badan tentu sudah sangat jelas dipahami oleh kita semua. Dengan puasa saluran usus dalam tubuh menjadi lebih bersih. Dengan hal ini tentu sangat berpengaruh untuk mengurangi produksi lemak dalam perut. Selain itu dengan puasa juga akan menjaga kesehatan pencernaan dengan memperbaiki sistem pencernaan. Manfaat puasa yang satu ini juga telah dikembangkan dalam bentuk lain yaitu diet OCD. Program diet yang dikembangkan oleh Dedi corbuser ini memiliki prinsip yang sama dengan ibadah puasa. Dan terbukti sangat efektif untuk diterapkan bagi kalian yang memiliki masalah dengan berat badan yang berlebih. 

  • Meningkat Performa Seksual
    Pada awalnya puasa memang terasa melelahkan dan cenderung menurunkan nafsu seksual karna berkurangnya produksi hormon testoteron. Namun dalam beberapa hari menjalankan puasa dengan rutin hal ini akan berubah arah dimana hormon testoteron (hormon kejantanan) justru diproduksi lebih banyak. Serta diikuti dengan perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH).kondisi ini sangat baik bagi performa organ intim. Hal ini jelas terbukti bahwa manfaat puasa bagi kesehatan seksual sangat tinggi.
  • Pencegah & Penyembuh Penyakit Mental
    Dr. Ehret, adalah ilmuwan kejiwaan. Beliau menyatakan bahwa: “Beberapa hari berpuasa akan memberikan dampak pada kesehatan fisik dan lebih lanjut untuk mendapatkan kesehatan mental, seseorang harus menjalani puasa lebih dari 21 hari". Hal ini diperjelas dengan penelitian bahwa dengan menjalani puasa Neuroglial cell (sel pembersih pada otak) akan diproduksi lebih banyak guna membersihkan sel neuron yang mati. Sehingga manfaat puasa bagi kesehatan mental tersalur melalui kesehatan otak.
     
  • menjaga Kesehatan Jantung
    Kesehatan jantung terganggu karena terbambatnya aliran darah. Yang menyebabkan jantung bekerja keras untuk memompa darah. Penyakit ini bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik dan kebiasaan merokok tanpa diimbangi dengan olah raga. Selain itu faktor makanan yang banyak mengan dung kolestrol juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Penyakit jantung sendiri menjadi penyebab nomor satu kematian orang di Amerika dan di dunia. Tercatat kuang lebih 478.000 orang meinggal karena serangan jantung. Tapi jangan khawatir karna agama kita (Islam) telah memberi solusi berupa kewajiban ibadah puasa ramadhan. Dibalik kegiatan puasa yang mengharuskan kita menahan haus dan lapar ternyata dapat menurunkan resiko serangan jantung. Dalam penelitian saat berpuasa terjadi penutunan LDL (Low Density Lipoprotein) dan peningkatan HDL (Low Density Lipoprotein). Menurut penelitian dari "chronobiological" hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan kinerja dan kesehatan jantung.

  • Meningkat Daya tahan tubuh
    Untuk  manfaat puasa yang satu ini memang terdengar berlawanan. Karna logikanya jika kita tidak makan dan minum, maka kondisi badan akan melemah (lemas). Tapi pada  kenyataanya berbading terbalik dengan apa yang kita pikirkan selama ini, dengan berpuasa justru akan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Penelitian membuktikan bahwa dengan puasa, peningkatan jumlah limfosit-B akan meningkat secara signifikan hingga 10 kali lipat dari sebelumnya. Limfosit-B ini lah yang akan memperkuat sistem imun dan mencegah berbagai virus untuk masuk dalam sel tubuh.

  • Mencegah Diabetes
    Dalam kondisi perut kosong hingga beberapa jam, Maka cadangan energi yang terkandung dalam darah (brupa glukosa atau gula dalam darah) akan diuraikan menjadi energi guna mencukupi kebutuhan aktifitas. dengan  proses tersebut sangat jelas bahwa puasa dapat mencegah Diabetes karena diabates adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam darah berlebih. Melihat proses yang luar biasa ini kita sangat dianjurkan untuk tetap beraktifitas seperti biasa untuk mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan.
Baca juga :


Saya rasa itu hanya sebagian kecil dari manfaat puasa yang bisa saya bagikan. Mungkin dibalik ketetapan Allah mewajibkan hambanya untuk menjalankan puasa, ratusan hingga ribuan manfaat yang belum terungkap. Maka dari itu mari kita sambut bulan ramadhan ini dengan hati gembira dan ikhlas. Karna selain mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan ramadhan, kita juga di beri bonus dengan manfaat puasa bagi kesehatan.
Lokasi: Indonesia
0 komentar: