Rabu, Juni 10, 2015

Manfaat Minum Kopi dan Efeknya

3.8

Manfaat Minum Kopi dan Efeknya

Minum kopi adalah kegiatan yang umum dilakukan oleh kaum pria telebih mereka yang sudah berkeluarga. Pagi hari mereka biasa disambut dengan hidangan secangkir kopi dan pisang goreng yang mereka katakan sebagai jodohnya kopi. Tapi tidak sedikit juga perempuan yang tutut menikmati minuman hitam ini, karna memang sensasinya yang menggairahkan.
Namun tahukah kalian bahwa minum kopi memiliki berbagai manfaat dan efek samping yang harus diperhatikan?? Pada kesempatan hari ini saya akan sedikit berbagi tentang Manfaat Minum kopi dan Efeknya. Inilah beberapa manfaat dan efeknya yang telah saya susun sedemikian rupa agar mudah dipahami.



Manfaat Minum Kopi

  1. AntioksidanKopi dipercaya mengandung banyak antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Dengan minum kopi ecara teratur dua cangkir dalam sehari, dapat membuat tubuh segar dan lebih bergairah. Selain itu antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini pada kulit dan penampilan. Bagi kalian yang tidak terlalu suka minum kopi, bisa menggantinya dengan teh hitam yang memiliki manfaat hampir sama dengan kopi hitam.
  2. Kesehatan HatiMinumah hitam ini juga dapat menyehatkan hati. Terlebih bagi kalia yang ketergantungan dengan alkohol. Kandungan nya dapat menetralisir alkohol dalam tubuh sehingga menjaga fungsi hati tetap sehat.
  3. Anti StresPecinta kopi berpedapat bahwa aroma dan rasa kopi memberi efek relaksasi dan mengusir stres. Jadi untuk kalian yang sedang terganggu dengan masalah yang memungkinkan terjadi stres, kopi bisa jadi pilihan untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa tegang.
  4. Anti KankerDalam dosis yang wajar, kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Selain itu, Dalam dunia kedokteran, kopi diketahui bahwa kafein dalam kopi bahkan sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dan mengurangi resiko terjadinya kanker.
  5. Mencegah diabetesMinum kopi ternyata dapat mencegah terjadinya gula darah atau diabetes. Dengan catatan kopi yang dikonsumsi tidak terlalu banyak mengandung gula. Karena gula itu lah yang meningkatkan resiko terserang diabetes. Sedangkan kandungan dari kopi itu sendiri mencegahnya.

Efek  Minum Kopi

Selain memiliki banyak manfaat, Minum kopi juga memiliki efek samping atau bahaya yang harus diperhatikan. inilah beberapa efek dari minum kopi yang harus diwaspadai dan dihindari dengan cara-cara tertentu.
  1. Susah buang air besar.Dengan minum kopi yang berlebihan atau tidak sesuai porsi dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Khususnya pada usus besar dan menghambat buang air besar. Biasanya pecandu kopi yang berlebihan akan buang air tidak teratur hingga 2 hari sekali. Dan perlu diingat bahwa hal ini bukan hal yang baik untuk dibiarkan berlama-lama.
  2. Karang gigi.Minum kopi memang harus diimbangi dengan perawatan gigi yang lebih ekstra, karna kandungan kopi memicu tumbuhnya karang pada gigi. Dalam waktu yang lama akan menyebabkan gigi berwarna kuning sehingga kurang sedap dipandang mata. Namun dengan menggosok gigi setiap pagi dan sore hari, hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dihawatirkan.
  3. Asam LambungBeda orang berbeda pula kemampuannya dalam menyerap makanan atau minuman. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa minum kopi, zat asam dari kopi dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebih.
  4. Detak jantungKafeine mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi jika kopi dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Oleh karna itu menjaga porisi sangatlah penting. Dengan konsumsi dua atau tiga cangkir dalam satu hari dampak negatif ini tidak perlu dihiraukan.
Baca juga:
Alasan Bangun Pagi menentukan kesuksesa
Beras Sintesis merusah pencernaan


Jadi bagi kalian yang memang pecinta kopi dan sering mengkonsumsinya setiap hari baiknya mnerapkan porsi yang pas bagi tubuh. Pada dasarnya makanan atau minuman apapun yang kita konsumsi tidak akan berbahaya jika dikonsumsi sesuai takaran yang setandar. Nah itu lah yang bisa saya bagi hari ini tentang Manfaat minum kopi dan efeknya. 
Lokasi: Indonesia
0 komentar: